Minggu, 25 September 2011 | By: Asril Arilaha

Elemen Manajemen Strategi

VISI  
Visi adalah serangkaian cita-cita atau idealisme yang ingin dicapai institusi atau corporate dengan cara bagaimana dan akan menjadi apa tahapan-tahapan untuk mencapai cita-cita atau idealisme tersebut.

“Kepemimpinan Sejati berasal dari kualitas visi seseorang dan kemampuan untuk menggerakkan orang lain kepada kinerja luar biasa.”--Jack Welch --

 “ Visi harus disertai dengan tindakan yang mengubahnya menjadi kenyataan. Sebuah tindakan akan optimal  bila  organisasi  mampu mengumpulkan sumber daya, kemampuan, dan energi yang diperlukan untuk merealisasikan visi tersebut.”


MISI 
Misi adalah pernyataan atau statemen yang dinyatakan secara tertulis yang menggambarkan tujuan, cita-cita dan idealisme yang ingin dicapi oleh bisnis, corporate, perusahaan atau oleh suatu lembaga (institusi). la menggambarkan juga bisnis (aktifitas) yang diemban, kebaikan dan nilai (value) yang dicita-citakan, Pihak-pihak yang diikut sertakan (diajak kerjasama) dalam mencapai tujuan dan idealisme tersebut. Dalam memahami Misi ini kata kunci yang dijadikan titik tolak untuk merinci penjelasannya adalah sebuah pertanyaan "what is our business".

Jika misi dan visi dirumuskan dengan jelas, maka ia akan menjadi landasan dan pedoman dan bahkan inspirasi dalam merumuskan kebijakan, strategi, rencana, kepemimpinan dan pengendalian. Seluruh anggota organisasi mulai dari pucuk pimpinan sampai dengan bawahan yang paling rendah dalam menjalankan fungsinya masing­-masing menjadikan misi dan visi sebagai landasan utamanya. Oleh karena itu peran Kepemimpinan dalam organisasi dapat memotivasi dan menggerakkan seiuruh jajarannya cukup penting menjadikan misi dan visi organisasi ini sebagai acuan utamanya. Secara konseptual dengan adanya misi dan visi yang dirumuskan secara baik akan mendorong timbulnya kreatifitas alternatif-alternatif strategi, kebijakan, target-target dan rencana-rencana sebagai penjabaran proses manajemen dari suatu organisasi.

TUJUAN PERUSAHAAN/ORGANISASI
Tujuan adalah target-target atau hasil-hasil yg lebih spesifik yang ingin dicapai oleh organisasi dalam kesatuan waktu tertentu. 
Tujuan disusun dari dan harus berfokus pada pencapaian visi dan misi.
Tujuan dapat digolongkan menjadi 2 yaitu: 1). Tujuan Jangka Pendek, dan 2). Tujuan Jangka Panjang. 
Kriteria Tujuan yang baik diantaranya: Jelas dan Spesifik, Berjangka waktu, Konsistensi, Fleksibel, Dapat diukur, Kesulitan dan ketercapaian, Keselarasan, dan dapat diterima.

SASARAN
Sasaran adalah semua hasil-hasil yg ditargetkan atau diinginkan oleh organisasi. Sasaran bersifat umum, luas, dan tidak berjangka waktu.
Suatu sasaran dianggap tetap ada sampai dengan sasaran tersebut diubah. Sasaran mempunyai lingkup yang luas dan dapat dipisahkan ke dalam empat komponen yaitu: 1). Filosofi, 2). Visi, 3). Misi, dan 4). Tujuan.

FILOSOFI PERUSAHAAN
Filosofi adalah merupakan seperangkat keyakinan pokok yang menentukan yang menentukan parameter-parameter untuk bisnis dan memberikan dorongan semangat bagi karyawannya.
Filosofi adalah pernyataan mengenai:
1. What We Do?
2. Why are We in Business?
3. How Do We Do Business?
4. What Do We Do and Not Do as a Business?

0 komentar:

Poskan Komentar