Saturday, August 20, 2011 | By: M.A. Arilaha

PENGIKLANAN STRATEGIK: JENAMA GLOBAL DI MALAYSIA

Author : Mohd Helmi Abd. Rahim, Maizatul Haizan Mahbob & Wan Idros Wan Sulaiman
Universiti Kebangsaan Malaysia
Abstrak
Globalisasi telah mewujudkan saling kebergantungan budaya dan negara di seluruh dunia. Dalam konteks pengiklanan, globalisasi telah mempengaruhi identiti budaya sesebuah negara melalui penggunaan jenama global. Jenama global dilihat pada konteks satu barangan yang mempunyai jenama, rekabentuk dan strategi kreatif pengiklanan yang sama dan beroperasi seolah-olah hanya terdapat satu pasaran sahaja di dunia. Perbezaan antara negara dan budaya telah diketepikan dengan alasan pengguna di seluruh dunia dimotivasi oleh keinginan dan kehendak yang sama. Pandangan ini telah menggerakkan perbahasan antara disiplin yang hebat di kalangan advokator, ahli akademik, malah pengiklan dan pengamal pengiklanan. Mereka berpendapat bahawa pengiklanan konsep Barat telah membawa pengaruh yang menjejaskan identiti budaya sesebuah negara. Dalam menangani isu ini, 200 iklan komersial telah dianalisis kandungannya. Kajian ini menggunakan konstruk budaya pengguna dan model strategik kreatif global. Penemuan menunjukkan bahawa entiti komersial di Malaysia banyak mengambil pendekatan identiti budaya lokal dan global dalam perlaksanaan kreatif pengiklanan mereka, berbanding pendekatan kreatif asing. Malah pendekatan kreatif pengiklanan yang bersifat glokal sudahpun digunakan. Selain itu, terdapat unsur standardisasi Asia yang turut ditemui dalam kajian ini.

Download : PDF

PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA INDUSTRI KERAJINAN MARMER / ONYX Di KECAMATAN CAMPURDARAT KABUPATEN TULUNGAGUNG

Author : Sulastri Rini Rindrayani, M. Astiham.
Deskripsi :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh secara bersama-sama penerapan strategi pemasaran terhadap perkembangan usaha industri kerajinan mamer/onyx di Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung. (2) Pengaruh secara parsial penerapan strategi pemasaran terhadap perkembangan usaha industry kerajinan mamer/onyx di Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung. (3) Variabel penerapan strategi pemasaran yang paling dominan berpengaruh terhadap perkembangan usaha industri kerajinan memerlonyx di Kecamatan campurdarat kabupaten Tulungagung.

Download : PDF

Praktik-Praktik Pengelolaan Sumber Daya Manusia dan Keunggulan Kompetitif Berkelanjutan

Author : Lena Ellitan
Abstrak
Perubahan-perubahan yang mendasar dalam lingkungan bisnis telah menyebabkan pergeseran dalam urutan pentingnya manajemen sumber daya manusia dan fungsi sumber daya manusia. Departemen sumber daya manusia diberi kesempatan mengambil peran penting dalam tim manajemen. Hal ini terjadi karena fungsi sumber daya manusia sedang berubah menjadi fungsi manajemen yang penting. Menurut pendapat para peneliti dan teoretisi, aset sumber daya manusia dapat menjadi sumber keunggulan kompetitif yang berkelajutan karena aset-aset manusia tersebut mempunyai pengetahuan dan kompleksitas sosial yang sulit ditiru oleh para pesaing.
Praktik-praktik manajemen sumber daya manusia yang diperkirakan dapat menjadi sumber keunggulan kompetitif yang berkelajutan adalah kepastian kerja, selektivitas dalam rekrutmen, upah tinggi, upah insentif, kepemilikan karyawan, pembagian informasi, keterlibatan dan pemberdayaan, tim-tim yang diatur sendiri, pelatihan dan pengembangan ketrampilan, penggunaan dan pelatihan silang, kesamaan semua orang, upah/gaji tidak jauh selisihnya, serta kenaikan pangkat bagi orang dalam.

Kata kunci: manajemen sumber daya manusia, fungsi sumber daya manusia, keunggulan kompetitif.

Download : PDF

Contoh Silabus dan RPP (SMK/SMA/MA)

Download Silabus dan RPP Produktif Tata Niaga Pemasaran SMA/SMK/MA : Download

Download Silabus dan RPP IPS SMK/SMA/MA Ilmu Pendidikan Sosial : Download

Download Silabus dan RPP KKPI SMK/SMA/MA : Download

Contoh yang lain menyusul kemudian.... Sabar ya...

MERIT SYSTEM DALAM MANAJEMEN PEGAWAI NEGERI SIPIL

Author : Arief Daryanto
Abstract
Government officials in Indonesia are required to continuously improve their services quantitatively and qualitatively to increase the country competitiveness and public sector management quality. Common stereotype about low government official performance implies that they are not yet capable of proliferating their productivity. Working motivation is needed to produce high working spirit to provide excellent service to the community. A system which can generate high working motivation based on result oriented organizational values and fair and accurate merit system performance evaluation are required. This paper is aimed at opening the thinking paradigm about merit system in managing government officials to increase their productivity, quantitatively and qualitatively.

Keywords:   Merit System, Civil Service (PNS), Competitiveness, Performance Appraisal, Competency, Merit Pay

Download : PDF

MEDIA PEMBELAJARAN IPA DI SD

Bahan Belajar Mandiri 7 (BBM-7) dari Pendidikan IPA di SD ini disajikan untuk membantu para guru dalam mempelajari dan memahami fungsi media pembelajaran IPA beserta LKSnya. Berbekal pengetahuan ini, guru diharapkan dapat merancang dan membuat media pembelajaran serta LKS yang dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman siswa SD terhadap konsep-konsep IPA.
Pengetahuan tentang fungsi media pembelajaran serta cara merancang media pembelajaran IPA dan LKS perlu dipelajari oleh para guru dan calon guru IPA SD untuk memperjelas konsep-konsep IPA yang sedang dibelajarkan pada siswa SD. Metoda ceramah sering menjadi tidak efektif di dalam membelajarkan siswa SD dalam belajar IPA karena kata-kata guru sering sulit dipahami oleh siswa.

Download : PDF